Pencegahan KEK Pada Ibu Hamil

Kekurangan energi kronis (KEK) adalah masalah gizi yang disebabkan karena kekurangan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama, hitungan tahun. Kondisi kurang energi kronik (KEK) biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu wanita yang berusia 15-45 tahun.

Seseorang yang mengalami KEK biasanya memiliki status gizi kurang. Kekurangan energi kronis dapat diukur dengan mengetahui lingkar lengan atas dan indeks massa tubuh seseorang. Ibu yang mempunyai lingkar lengan atas yang kurang dari 23,5 cm dapat dikatakan ia mengalami kekurangan gizi kronis.

Biasanya Kek disebabkan oleh kurangnya gizi pada ibu hamil, kehamilan terlalu cepat dari kehamilan sebelumnya, sosial ekonomi ibu hamil, dan usia ibu hamil.yang terjadi atau resiko KEK pada ibu hamil diantara lain, berat lahir bayi kurang dari 2500 Kg, Bayi lahir Prematur, keguguran, bayi akan lahir dengan cacat bawaan, proses lahiran sulit, kemungkinan bayi meninggal saat lahiran dan banyak lagi.

Oleh karena itu Pemerintahan Desa Ganeas mengadakan pembagian makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil yang KEK supaya sehat kembali dan menghindari resiko resiko yang dihindari. Semoga dengan diberi makanan sehat dan bergizi ini dapat meringankan ekonomi sosial untuk ibu hamil dan melancarkan kehamilan serta menyehatkan bayi sampai proses kelahiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *